Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket
HOME PRODUCT CONTACT FIBER OPTIC RACK SERVER CATALOG

Fiber Optik Test

Setelah kabel terpasang dan terterminasi, maka dilakukan sebuah pengujian. Untuk setiap tanaman kabel fiber optik, Anda akan perlu menguji untuk kontinuitas, end-to-end rugi/loss dan kemudian memecahkan troubleshootingnya.
Jika Anda adalah pengguna jaringan (network user), Anda juga akan tertarik untuk menguji kekuatan, uji kekuatan adalah melakukan pengukuran yang akan memberitahu Anda apakah sistem tersebut telah beroperasi dengan benar.
Anda akan memerlukan beberapa alat khusus dan instrumen untuk menguji fiber optik.
Walau jika Anda seorang installer yang berpengalaman, pastikan Anda mengingat hal-hal ini.
1. Memiliki alat dan peralatan tes yang tepat untuk pekerjaan.
  • Source and power meter, optical loss test set or test kit dengan adapter peralatan yang sesuai untuk kabel fiber optik yang akan anda test
  • Referensi tes kabel yang sesuai dengan kabel yang akan kita test, adapter yang sesuai termasuk adapter hibrid jika diperlukan.
  • Fiber Tracer atau Visual Fault Locator
  • Cleaning materials, Tisue pembersih & Alkohol Murni
  • OTDR
2. Mengetahui cara penggunaan Alat Uji pengukuran
Sebelum Anda mulai, kumpulkan semua tool Anda dan pastikan mereka semua peralatan bekerja dengan benar dan Anda dan installer Anda tahu bagaimana menggunakannya. Sulit untuk melakukan menyelesaikan pekerjaan jika kita harus terlebih dahulu menelpon produsen alat ukur yang kita gunakan untuk memohon bantuan atau manual penggunaan alat tersebut. Coba semua peralatan Anda di kantor sebelum Anda bawa ke lapangan. Jika pwer meter Anda memiliki memori internal untuk merekam data pastikan Anda tahu bagaimana menggunakan ini juga. Anda sering dapat menyesuaikan laporan ini untuk kebutuhan spesifik Anda, simpan sebagai gambaran semua hal ini sebelum Anda pergi ke lapangan, hal bisa menghemat waktu dan pada instalasi.
3. Mengetahu bagaimana jaringan yang akan di tes
Ini adalah bagian penting dari proses dokumentasi. Pastikan Anda memiliki tata letak kabel untuk setiap serat harus Anda uji. Siapkan spreadsheet semua kabel dan serat sebelum Anda pergi di lapangan dan mencetak salinan untuk merekam data pengujian Anda. Anda dapat merekam semua data pengujian Anda baik dengan manual atau jika Power meter Anda memiliki fitur memori, akan tercatat pada memori on-board yang dapat dicetak atau ditransfer ke komputer ketika Anda kembali ke kantor.