Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket
HOME PRODUCT CONTACT FIBER OPTIC RACK SERVER CATALOG

Terminasi Kabel Fiber Optik

TERMINASI kabel fiber optik .
Terminasi kabel fiber optik adalah proses pemasangan konektor pada fiber optik / optic / optics /optical fiber optic.
Proses ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, mengingat diameter kabel fiber optik sedemikian kecil, jauh lebih kecil daripada rambut manusia.
Untuk melakukan terminasi diperlukan tool kit yang disebut termination kit. Proses terminasi konektor fiber optik dimulai dengan mengupas jaket kabel dengan suatu alat yang dikenal sebagai stripper, lalu core fiber optik dipotong dengan alat scribe. Selanjutnya core fiber optik dimasukkan ke dalam konektor, yang selanjutnya direkat dengan lem epoxy. Setelah kering, epoxy ini akan dipanaskan dalam oven, untuk selanjutnya fiber optik dipoles dengan lapping film.
Untuk mengerjakan terminasi fiber optik, seorang terminator perlu bekerja dengan presisi dan teliti,
Singkat cara terminasi fiber optik

  • Kupas kulit terluar kabel fiber optik dalam hal ini pembungkus kabel hitam sepeti gambar dibawah, jangan lupa sisakan kabel yg berwarna biru.
  • Setelah itu coba oleskan alcohol pada bagian kabel fiber optik warna biru untuk membersihkan gel yang ada pada permukaan kabel fiber optik itu.
  • Kupas kabel fiber optik warna biru tersebut, caranya bisa menggunakan cutter, hati2 jangan sampai kabel fiber optik bagian dalam terluka.
  • Terlihat isinya berupa kabel fiber optik dengan jumlan 4 helai seperti helai rambut . hati-hati  jangan sampai patah , coba oleskan juga alcohol agar helai itu tidak menyatu, coba pisahkan masing-masing helai itu, dimana berupa helai dengan warna : biru,hijau,orange dan coklat.
  • Didalam lapisan helai itu adalagi lapisan kaca tapi belum core/inti fiber nya. untuk itu diperlukan alat pengupas seperti di bawah ini.

  • Setelah terkupas anda siapkan lem untuk fiber nya. terdiri dari 2 cairan satunya di oleskan ke fiber nya dan satunya di suntikkan ke konektor nya.kemudian perlahan-lahan anda masukkan fiber nya ke konektor, ingat jangan sampai terlambat, jika terlambat maka lem nya akan mengering dan fiber tidak bisa di tarik lagi.

  • Kemudian silahkan potong fiber nya menggunakan pemotong yang sudah disediakan.jika hasil potongannya bagus maka kemungkinan peluang menggosok-gosoknya tidak lama.

  • Sesekali teropong menggunakan microscope untuk melihat hasil potongan/gosokan fiber nya.
  • pasang konektor, kemudian siapkan  alas dan alat penggosoknya serta teropong.
  • Jika cara potongnya bagus, maka waktu menggosoknya mungkin tdk lama , jika sempurna ,maka hasil teropongnya terdapat 1 lingkaran luar dan 1 lingkaran dalam yang utuh bulat nya.